Kamis, 08 Januari 2015

Perkembangan Etika Bisnis dan Profesi di Indonesia



Kemajuan ekonomi yang pesat di suatu negara memacu para pelaku bisnis untuk mengembangkan bisnisnya lebih luas lagi. Tujuannya tak lain untuk mencari keuntungan sebesar-besarnya. Namu terkadang para pelaku bisnis lupa akan etika bisnis yang berlaku hanya demi mencari keuntungan yang banyak untuk meningkatkan kesejahteraannya.

Di Indonesia sendiri, masalah etika bisnis dan profesi merupakan isu yang menarik untuk melakukan kepentingan riset. Terdapat beberapa perguruan tinggi di Indonesia yang mengajarkan mata kuliah etika bisnis dan profesi.

Perkembangan etika bisnis dan profesi di Indonesia (profesi akuntan) di mulai pada masa kolonial Belanda. Berkembangnya profesi akuntan di Indonesia bersamaan dengan pasar modal dan dunia usaha di Indonesia. Untuk itu, profesi akuntan memerlukan kepercayaan dari masyarakat untuk menjalankan pekerjaannya sebagaimana mestinya.

Analisis:
Seiring perkembangan zaman, kemajuan ekonomi suatu negara menjadi perhatian seluruh masyarakat. Tak terkecuali di Indonesia. Dengan kemajuan ini banyak pelaku bisnis yang memanfaatkan untuk memperluas jaringan bisnisnya. Semakin pesat kemajuannya sebaiknya diikuti pula dengan kemajuan etika bisnis dan profesinya. Agar seimbang dan tidak terjadi kesalahan.


Sumber:
http://rishylyasinaga.blogspot.com/2012/10/sejarah-perkembangan-etika-profesi.html
http://purnama110393.wordpress.com/2014/01/08/perkembangan-terakhir-dalam-etika-bisnis-dan-profesi/
http://rezamanhattan.wordpress.com/2012/11/13/pentingnya-etika-dalam-profesi-bidang-akuntansi/
dion.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/35636/Konsep+Etika+Bisnis.docx
http://viiycantik.wordpress.com/2011/11/26/perkembangan-profesi-akuntansi-di-indonesia/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar