Selasa, 01 November 2011

Ruang Lingkup Bisnis

Daftar Isi

BAGIAN 1 Pengertian Ruang Lingkup Bisnis ..................................................................... 1
1.     Kebijakan Bisnis ........................................................................................................... 1
2.    Sistem Perekonomian ................................................................................................. 1
3.    Sistem Pasar ................................................................................................................. 1
4.    Unsur – Unsur Penting dalam Aktivitas Bisnis ..................................................... 1
5.    Mengapa Belajar Bisnis .............................................................................................. 1
6.    Tujuan Ruang Lingkup Bisnis ..................................................................................... 1
7.    Kesempatan Bisnis atau Usaha ................................................................................. 1
8.    Jenis Ruang Lingkup Bisnis ....................................................................................... 1


BAGIAN 2 Perusahaan dan Lingkungan Perusahaan ........................................................ 2

1.     Pengertian Perusahaan ............................................................................................... 2
2.    Tempat Kedudukan dan Tempat Perusahaan ......................................................... 2
3.    Perusahaan dan Lembaga Sosial ............................................................................... 2
4.    Lingkungan dan Pengaruh terhadap Perusahaan ................................................... 2
5.    Pendekatan Alam Perusahaan .................................................................................... 2

BAGIAN 3 Bentuk – Bentuk Usaha ..................................................................................... 3
1.     Latar Belakang Bentuk – Bentuk Usaha .................................................................. 3
2.    Lembaga Keuangan ....................................................................................................... 3
3.    Bentuk Kerjasama ........................................................................................................ 3

BAGIAN 4 Kewiraswastaan dan Perusahaan Kecil ............................................................ 4
1.     Pengertian Kewiraswastaan, Wiraswasta, dan Wiraswastawan ......................... 4
2.    Cara Memasuki Perusahaan Kecil .............................................................................. 4
3.    Perkembangannya di Indonesia .................................................................................. 4
4.    Ciri – Ciri Perusahaan Kecil ......................................................................................... 4
5.    Perbedaan antara Wirausahawan dan Perusahaan Kecil ....................................... 4




Daftar Pustaka

http://shintaardilawati.blogspot.com/2010/10/ruang-lingkup-bisnis.html










(Mohon maaf apabila ada kesamaan dalam tulisan yang saya buat. Saya hanya menambahkan dari  website yang saya cari.) Terima kasih.








Ruang Lingkup Bisnis

Pengertian Bisnis
Dalam ilmu ekonomi bisnis adalah suatu tindakan atau usaha untuk menghasilkan keuntungan.Tetapi dalam bahasa Inggris bisnis di artikan sebagai urusan.Dan menurut saya bisnis merupakan suatu tindakan  sesuatu untuk menghasilkan keuntungan yang besar dengan modal yang sekecil mungkin.Sesuai dengan prinsip ekonomi yaitu pengorbanan tertentu untuk memperoleh semaksimal mungkin.karena di lihat dari sudut pandang ekonomi  bisnis itu merupakan bagian dari ekonomi.

Bisnis adalah salah satu bentuk bagian dari pemasaran, karena jika kita melakukan suatu pemasaran produk atau pemasaran lainnya kita akan berhadapan langsung dengan kegiatan bisnis. Kegiatan bisnis sangat membantu usaha-usaha pemenuhan kebutuhan masyarakat oleh perusahaan. Bisnis meliputi semua aspek kegiatan untuk menyalurkan barang-barang melalui saluran pruduktif, dari membeli bahan mentah sampai menjual barang jadi. Pedagang yang khusus melakukan pembelian dan penjualan merupakan jalur penghubung antara produsen dengan konsumen dan membantu produsen mengatasi masalah-masalah pada saat mencari konsumen, serta pada saat pembeli mencari konsumen.



Pada dasarnya  kegiatan bisnis meliputi :
  • Perdagangan (melalui pedagang)
  • Pengangkutan (dengan alat-alat transport)
  • Penyimpanan (sampai barang terjual)
  • Pembelanjaan (melalui bank atau kreditur)
  • Pemberian informasi (dengan promosi)












Proses bisnis berawal dari konsumen sebagai faktor produksi dan berakhir pada konsumen  juga sebagai pembeli hasil produksi.



Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kegiatan bisnis:

Inflasi : adalah suatu kenaikan harga-harga barang dan jasa secara umum dalam perekonomian.

Prokduktivitas : adalah keluaran barang dan jasa per unit tenaga kerja.

Pengangguran : pada umumnya pemutusan hubungan kerja ini terjadi karena perusahaan tidak mampu lagi membayar mereka sebagai akibat turunnya penghasilan (dari penjualan)  secara drastis.

Tabungan dan Investasi : Jumlah yang diputuskan untuk di tabung akan menentukan kuat-lemahnya multiplier tersebut.Semakin banyak tabungan berarti semakin sedikit pengeluaran dan semakin lemah multiplier tersebut.Tetapi,tabungan itu juga menjadi sumber investasi modal dimasa mendatang.

Pemerintah : Melalui kebijakan “fiskal” atau “moneter” dapat mampengaruhi kegiatan bisnis.

Kebijakan fiscal digunakan untuk mempengaruhi permintaan dengan meningkatkan pajak (mengurangi permintaan) atau mengurangi pengeluaran pemerintah (meningkatkan pemerintah).

Kebijakaan moneter berkaitan dengan pengelolaan supply uang untuk meningkatkan atau menurunkan permintaan. Penggunaan kedua alat tersebut untuk mempengaruhi sistem bisnis telah meningkat.
Kebijakan bisnis :

*      Dapat memperjual belikan barang - barang yang berkualitas.
*      Memuaskan pembeli dengan semaksimal mungkin.
*      Dapat membantu proses masuknya arus laba untuk negara.







Sistem Perekonomian :
v  Kapitalisme : Perkonomian pasar yang memberikan kepemilikin produksi pribadi dan yang mendorong kewirausahaan dengan menawarkan laba sebagai insentif.
v  Sosialisme : Sistem yang digunakan oleh suatu negara untuk mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya baik kepada individu maupun organisasi di negara tersebut.
v  Fasisme : Gerakan radikal ideologi nasionalis otoriter politik. Fasis berusaha untuk mengatur bangsa menurut perspektif korporatis, nilai, dan sistem, termasuk sistem politik dan ekonomi. Mereka menganjurkan pembentukan partai tunggal negara totaliter yang berusaha mobilisasi massa suatu bangsa dan terciptanya "manusia baru" yang ideal untuk membentuk suatu elit pemerintahan melalui pendidikan fisik dan kebijakan keluarga.
v  Komunisme : Suatu sistem di mana pemerintah memiliki dan mengoprasikan semua faktor. Karl marx menggambarkan suatu masyarakat dimana setiap individu berkondribusi sesuai dengan kemampuan mereka dan menerima manfaat perekonomian sesuai dengan kebutuhan mereka.






  Sistem Pasar :
·         Monopoli : Pasar atau industri dimana hanya ada satu produsen yang dapat menentukan harga produk – produknya.
·         Oligopoli : Pasar atau industri yang dicirikan oleh penjual yang sedikit (umumnya berskala sangat besar) yang mempunyai kekuatan untuk mempengaruhi harga produk – produk mereka.
·         Persaingan sempurna : Pasar atau industri yang dicirikan oleh banyak perusahaan kecil yang banyak jumlahnya dan membuat produk yang sama.
·         Monopolistik : Pasar atau industri yang dicirikan oleh banyak pembeli dan relatif banyak penjual yang berusaha  membedakan (mendiferensiasi) produk mereka dari para pesaingnya.










Unsur – unsur penting dalam aktivitas bisnis :
§  Manusia
§  Modal
§  Metode
§  Alat – alat yang di gunakan/peralatan
§  Tenaga/karyawan





Mengapa belajar bisnis :
Karena dengan mencoba melakukan suatu bisnis/usaha, kita akan tahu bagaimana cara memperoleh laba dan tahu bagaimana cara menjalankan suatu bisnis yang telah di bangun dan akan menolong orang - orang yang tidak memiliki pekerjaan. (karena mempunyai usaha/bisnis sendiri  itu lebih menyenangkan,dari pada menjadi seorang karyawan).












Tidak ada komentar:

Posting Komentar