Kamis, 12 April 2012

TUGAS 4


1.      Kemukakanlah pendapat saudara mengenai pembiayaan sektor mikro dan pembiayaan corporate:
Menurut saya pembiayaan sektor mikro itu adalah pembiayaan yang langsung diberikan oleh  pemerintah kepada masyarakat yang kurang mampu. Contohnya seperti bank syahriah yang sistem perbank kan yang dalam konteks pembagian hasil secara islami tanpa memikirkan keuntungan dan kerugian. Karna betul-betul betujuan untuk membantu masyarakat luas dan tujuanya sebagai sosialisasi, dengan begitu dapat mensejahterakan rakyat yang ekonominya kurang dan meringankan beban rakyat. Dengan begitu masyarakat di indonesia tingkat kemiskinanya tidak semakin besar. Dan tugas pemerintahan yaitu memberi kesejahteran kepada rakyat yang membutuhkan.
Sedangkan pembiayaan corporate menurut saya yaitu sebuah bentuk kepedulian perusahaan yang sudah maju bisnisnya untuk membantu masyarakat dengan memberi bantuan dan membuka lapangan pekerjaan sebanyak mungkin agar rakyat yang belum memiliki pekerjaan dapat bekerja sama dengan perusahaan tersebut.

2.      Manakah dari kedua pembiayaan tersebut yang lebih mengguntungkan:
Kalau menurut saya dari kedua pembiayaan sektor mikro dan pembiayaan corporate sama-sama mengguntungkan karna pembiayaan tersebut semua diberikan langsung untuk rakyat dan kedua pembiayaan tersebut memiliki keunggulan dan kelebihan masing-masing. Namun yang lebih menguntungkan bagi rakyat menurut tingkat ekonomi dan dapat mensejahterakan rakyat kecil dengan mengikuti ajaran agama dalam melakukan pembiayaan yang tidak mengambil keuntungan lebih besar.

3.      Jelaskan dari kedua pembiayaan tersebut apa saja tantanganya :

·         Tantangan dalam pembiayaan makro :
1.      Adanya yang mengambil keuntungan dari kesulitan orang.
2.      Pemerintah kurang memperhatikan rakyat kecil
3.      Kurangnya sosialisai antara perintah dan rakyat

·         Tantangan dalam pembiayaan corporate :
1.        Susahnya mendapat keadilan dalam pembagian keuntungan
2.        Kurangnya kerja sama antara rakyat dan perusahaan
3.        Rendahnya perhatian terhadap rakyat yang sulit mendapatkan pekerjaan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar